Ini Dia Posisi Tidur Yang Baik Selama Masa Kehamilan

Pada saat masa kehamilan tentu banyak sekali yang harus di perhatikan, dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Kehamilan pertama biasanya masih kurang pengalaman dan masih dibingungkan harus seperti apa saat hamil dan masih banyak ibu hamil yang belum mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik bagi ibu hamil.

Posisi tidur ibu hamil yang baik dilakukan serta aman.

Berikut Beberapa Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil:

1.Terlentang

Posisi tidur yang memberikan tumpuan pada bagian belakang tubuhnya, atau punggung yang selama ini kita sebut dengan terlentang bukanlah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil pada trimester terakhir. Tidur dengan posisi terlentang dikatakan tidak baik karena dapat mengakibatkan berbagai gangguan pada ibu hamil. Selain tidak baik untuk ibu hamil pada masa kehamilan trimester terakhir, posisi terlentang juga tidak baik untuk ibu hamil pada trimester kedua. Tapi, bagi seorang ibu yang baru memasuki trimester awal kehamilan anda, anda masih bisa tidur dengan posisi tersebut karena tidak membahayakan anda dan kandungan anda.

2.Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Baca Juga : Perut Sering Sakit Setelah Operasi Usus Buntu

3.Miring

Sampai sejauh ini, memang belum ada penelitian yang menghasilkan pengetahuan pasti tentang posisi tidur yang baik terbaik untuk ibu hamil secara konkrit. Tapi, sejauh ini banyak dokter yang menganjurkan posisi tidur miring untuk seorang ibu hamil hingga kehamilannya mencapai trimester terakhir. Dengan posisi tidur miring, bayi dapat menerima nutrisi ke plasenta bayi karena alirang darah dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, dengan posisi tidur miring, maka akan mengurangi dampak tekanan dari organ dalam si ibu kepada si bayi. Untuk si ibu sendiri, posisi tidur miring ini juga dapat menghindarinya dari pembengkakan kaki ataupun tangan karena ginjal lebih baik dalam membuang sisa metabolisme dan cairan tubuh ibu ketika tidur dengan posisi miring. Lakukanlah pergantian antara miring ke kanan dan miring ke kiri agar tubuh tidak pegal dengan posisi yang itu-itu saja. Bisa juga, jika anda sedang sulit untuk tidur miring, anda dapat tidur dengan posisi setengah berbaring bersandar pada bantal.

Semoga bermanfaat bagi ibu hamil muda yang masih bingung bagaimana posisi tidur ibu hamil yang baik dilakukan serta aman.

Baca juga:
  1. Mengobati Kista Tanpa Operasi
  2. Ciri Ciri Penyakit Kanker Serviks
  3. Ciri Ciri Keputihan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Dia Posisi Tidur Yang Baik Selama Masa Kehamilan"

Poskan Komentar