Senin, 28 Desember 2015

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

 Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, organ-organ tubuh bekerja dua kali karena sekarang menopang kehamilan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil mengalami mudah merasa lelah, sering sakit pinggang, mudah terkena sakit kepala, pusing dan sebagainya. Oleh karena itu disarankan selama kehamilan, ibu hamil untuk tidak melakukan kegiatan berlebih yang dapat membuat ibu hamil kecapaian, sering banyak istirahat bisa membantu ibu hamil melewati hari-harinya. Namun meskipun demikian, bukan berarti ibu hamil bermalas ria, ibu hamil pun perlu berolahraga demi lebih meningkatkan kebugaran tubuh dan kesehatan kehamilannya. Tentunya porsi dan jenis olahraga yang dilakukan berbeda ketika ibu tidak sedang hamil.

Olahraga bagi ibu hamil sangat bermanfaat bagi calon bayi dan ibunya saat proses persalinan berlangsung, karena ibu hamil yang biasa berolahraga dan melatih daya tahan serta stamina akan lebih mudah saat proses tersebut, juga pemulihan dari pasca kelahiranpun akan lebih cepat.

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil


Tetapi tidak semua olahraga bagus untuk ibu hamil, ada beberapa olahraga yang baik dan sehat untuk masa kehamilan diantaranya:

1. Jalan kaki
Berjalan adalah cara paling baik untuk menjadi sehat secara fisik. Dr Bakshi mengatakan, wanita hamil bisa latihan berjalan untuk melatih jantung janin agar lebih sehat."Beberapa wanita mungkin akan mengalami kaki bengkak jika kebanyakan berjalan. Tapi 30 menit berjalan selama tiga hari dalam seminggu adalah rutinitas yang baik," katanya.

2. Menari 
Selain menyenangkan, menari adalah bentuk latihan yang paling menyenangkan. "Jangan khawatir, selama tidak menari berlebihan dan memperhatikan kondisi kandungan, kandungan akan aman. Namun jika tidak mampu, segera beritahu instruktur Anda," jelas Bakhsi.

3. Pilates
Melakukan Pilates selama kehamilan akan membantu Anda tetap rileks saat melahirkan. Instruktur Fitnes, Shalini Bhargava mengatakan, pilates membantu mengurangi sakit otot perut, mengurangi sakit punggung dan melancarkan proses persalinan.

4. Yoga
Latihan yoga saat hamil dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan mood dan melancarkan persalinan.

5. Aerobik atau Zumba
Latihan aerobik atau zumba memang memerlukan gerakan yang aktif. Tapi menurut Shalini, ibu hamil yang ingin ikut gerakan ini hanya melakukan beberapa gerakan yang nyaman.

6. Kegel
Latihan Kegel memperkuat otot-otot di dasar panggul. Kenapa perlu latihan ini? Bakhsi mengungkapkan, tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut relaksin selama kehamilan. Hormon ini melembutkan sendi dan ligamen yang membuat proses kelahiran lebih mudah.

7. Sepeda statis
Bukan hanya sehat, mencoba sepeda statis saat hamil juga dapat meningkatkan oksigen ke otak bayi.  

8. Renang
"Berenang adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko kecelakaan saat hamil. Tekanan di air memberikan kemudahan bagi ibu untuk bergerak,"

Semoga bermanfaat untuk ibu hamil, lakukan olahraga secara teratur untuk membantu daya tahan dan kesiapan saat proses persalinan nanti.

Baca juga:

Share this article with your friends

0 komentar:

Poskan Komentar